Install Virtualbox di Linux Mint 19





Assalamualaikum wr.wb,pada kesempatan malam ini mimin akan menshare tentang seputaran tutorial,bagaimana cara menginstall virtualbox di Linux mint

 

Sebenarnya tutorial ini tidak hanya berlaku di Linux mint saja,melainkan berlaku pada semua jenis linux.Lalu apa sih kegunaannya virtualbox itu ?,virtualbox itu sendiri merupakan sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk tempat menginstall berbagai macam sistem operasi (secara virtual)atau tidak nyata,berbeda dengan dualboot,dimana sistem operasi tersebut berjalan sebelum proses POST dimulai,dan sistem operasi tersebut terpasang langsung dengan hdd dengan cara membagi partisi windows dan linux.Sedangkan kalau virtualbox itu sendiri sama halnya dengan VMware sama-sama berjalan di bawah naungan desktop atau simplenya aplikasi tersebut akan berjalan bersamaan dengan desktop,jika desktop mati program aplikasi tidak berjalan.Yang waktu itu mimin bahas kemarin lalu.Ok langsung saja kita menuju ke tutorialnya,hehehe.


Sebelumnya,sobat persiapkan alat dan bahannya ketika ingin menginstall virtual box tersebut,jika sudah maka lanjut ke langkah ke-dua.


Selanjutnya masuk kedalam direktori file yang telah anda downlaod tadi,dengan menggunakan terminal di linux.Dengan mengetikan:"ls" enter lalu "cd Downloads" enter lalu "ls" enter. Setelah itu,install dengan mengetikan perintah "sudo dpkg -1 virtualbox.deb" lalu "sudo apt-get update"(sebelumnya rename terlebih dahulu file yang telah kita download tadi yang berekstensi deb),lalu enter.Atau kalau ingin lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


lalu buka start menu,di kolom search ketik "virtualbox",jika nampak sebuah shortcut virtualboxnya,berarti instalasi sudah berhasil,lihat gambar dibawah ini.


Selanjutnya buka virtualbox yang sudah sobat install tadi,Selanjutnya pilih tab preferences.



Berikutnya pilih tab Extension.


Selanjutnya klik icon "+" disebelah kanan atas,lalu pilih file package yang sudah kita download tadi,jika sudah klik open.


Yang terakhir kini virtualbox sudah siap digunakan.


Baik itu saja tutorial pada malam hari ini,tentang Bagaimana cara instalasi virtualbox via linux mint 19,tidak hanya dilinux mint saja,melainkan disemua distro linux lainnya juga bisa,jika sobat menggunakan tutorial ini.OK itu saja dari mimin,sebelumnya mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada tulisan mimin yang tidak berkenan di hati para sobat mimin sekalian.Dan mimin mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada sobat mimin yang telah berkunjung kembali di tempat mimin,mimin undur diri. Selamat malam.Wassalamualaikum wr wb.

 

Nazir Azhari Perkenalkan nama saya muhammad nazir azhari,saya seorang mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Komputer

0 Response to "Install Virtualbox di Linux Mint 19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel