Setting VM ware untuk Instalasi linux



Assalamualaikum wr.wb.Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan bagaimana cara untuk mensetting VMware untuk bisa menginstall sistem operasi yang hendak sobat gondes install.


kemarin mimi sempet membagikan bagaimana cara menginstall VMware di windows 10,Nah kali ini mimin akan menjelaskan bagaimana cara setting VMware secara urut beserta dengan gambarnya.Ok langsung saja sobat gondes simak langkah demi langkahnya :v :

 

Yang pertama sobat gondes sudah menginstall VMware pada tutorial mimin yang kemarin,kalau belum,silahkan kunjungi postingan mimin yang kemarin.

Lalu sobat gondes buka VMware yang sudah diinstall.

Selanjutnya pilih create a new virtual machine.

gambar 2.1

Nanti akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini,lalu pilih "I will install operating System later". Lalu pilih next.

gambar 2.2

Lalu pilih jenis sistem operasi yang akan diinstall,misal mimin ingin menginstall linux,berarti mimin pilih linux.Lalu pilih versi linux yang sobat gondes miliki,misal mimin ingin menginstall linux min,berarti mimin pilih versi ubuntu,karena linux mint turunan dari ubuntu,ok.Lalu pilih next lagi.

gambar 2.3

Selanjutnya beri nama pada VMware,terserah sobat gondes mau beri nama apa,kalau mimin saya kasih ubuntu karena mimin vans berat ubuntu,alay dikit hehehehe.Lalu pada location sobat gondes tentukan dimana tempat untuk menginstall si Linux tersebut,kalau mimin saya tempatkan di directory "/d",karena drive "/c" mimin penyimapannya hampir full.Selanjutnya pilih next.

gambar 2.4

selanjutnya pada opsi maximum disk size,sobat gondes tentukan berapa GB yang hendak diinginkan sobat gondes,kalau mimin sih saya pilih 20gb hehehe,tenang sobat gondes ini cuman hardisk virtual kok atau hardisk ghoib hehe,yang notabene tidak seluruhnya 20gb diambil oleh VMware.Ok selanjutnya pada opsi yang dibawah pilih "split virtual disk".lalu next lagi.

gambar 2.5

Langkah berikutnya pilih customize,lalu sobat gondes setting spesifikasi VMware,sesuai dengan kebuthan.kalau mimin,mimin kasih Ram dengan ukuran 2GB,lalu dengan procesor 2 core.Perlu diperhatikan pada opsi new cd/dvd,sobat klik terlebih dahulu,lalu pada tab sebelah kanan,sobat gondes pilih use iso image,lalu pada browser arahkan file iso sistem operasi yang sobat gondes miliki,Sudah mimin buatin corat coretannya yang wajib disetting,Jika sudah.Pilih close.

gambar 2.6

setelah itu klik finish,horeee tahap setting VMware sudah selesai,kini VMware sudah siap dipergunakan untuk perang,eeeeh salah :v untuk media instalasi sistem operasi.Dan dibawah ini menandakan bahwa VMware telah berhasil disettting dan siap untuk diinstall dengan sistem operasi linux.

gambar 2.7

Baik itu saja tutorial yang mimin bagikan pada kesempatan hari ini,mimin harap ikutilah langkah-demi langkah,agar tidak terjadi kendala sewaktu mensetting VMware ini,ok itu saja dari mimin.Kami dan segenap kru Gondes Comunity mengucapkan beribu-ribu terima kasih,terhadap sobat gondes yang telah berkunjung dihalaman kami,mimin mohon maaf apabila ada perkataan yang menyinggung sobat gondes sekalian,mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya,baik itu saja akhirul qalam wassalamualaikum wr.wb.

 

Nazir Azhari Perkenalkan nama saya muhammad nazir azhari,saya seorang mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Komputer

0 Response to "Setting VM ware untuk Instalasi linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel